Kegiatan Sekarang                                        

Lingkup Kegiatan

Daftar Kegiatan

Kegiatan Sosial 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lingkup Kegiatan

Ada tiga kegiatan yang menjadi basis kegiatan Akademika Center, yakni penelitian, pelatihan dan konsultasi. Dari sisi substansi, kegiatan Akademika Center meliputi bidang sosial-ekonomi dalam arti luas, atau bidang lain dengan sudut pandang ilmu-ilmu sosial-ekonomi.

Back

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Daftar Kegiatan 

Time             : Oktober 2017

Partner                : PT Giat Cerdas Sentosa (GCS)

Title               : Pelatihan Regulatory Impact Analysis (RIA)

Description     : Pelatihan ditujukan bagi penentu kebijakan, akademisi, mahasiswa, aktivis LSM, dsb. Materi pelatihan terdiri dari perumusah masalah dan tujuan, identifikasi alternatif, Analisis Biaya-Manfaat, konsultasi publik dsb.

Time              :  23 September 2017

Partner                 : PT Giat Cerdas Sentosa (GCS) 

Title           : Pelatihan "Siap Masuk Dunia Kerja"

Description    : Tujuan pelatihan ini adalah membekali mahasiswa dan/atau fresh graduate dengan pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk masuk ke dunia kerja seperti cara regulasi pasar kerja, mencari informasi tentang pekerjaan, menulis lamaran dan CV, menulis suitability letter dsb.

Back

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BEASISWA PERILAKU 

Beasiwa Perilaku merupakan beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Akademika kepada murid sekolah yang memenuhi dua kriteria, yaitu: (1) berasal dari keluarga kurang mampu, dan (2) berperilaku baik.  Pada prinsipnya, model beasiswa ini dikembangkan untuk menghindarkan orang “fakir” dari “kekufuran”. 

Pada tahun ajaran 2002/2003 beasiswa ini diberikan kepada murid SD/MI dan SLTP/MTs.  Pada tahun ajaran 2003/2004 Yayasan Akademika memutuskan untuk memberikan beasiswa hanya kepada murid SLTP/MTs.  Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa putus sekolah di tingkat SD lebih disebabkan oleh faktor-faktor non-ekonomi.   

Paket beasiswa untuk tahun 2003/2004 adalah Rp 300.000,- per murid penerima, digunakan untuk membayar uang sekolah, buku pelajaran wajib dan uang ujian (jika ada).  Penerima diutamakan untuk yang duduk di kelas dua atau kelas tiga.

Back